PRINSIP-PRINSIP DISIPLIN KELAS
MANAJEMEN
KELAS DI SD
RESUME
7
“PRINSIP-PRINSIP DISIPLIN KELAS”
DISUSUN OLEH :
NURFIANI
DWI PUTRI
(1620215)
7.6
Dosen Pembimbing :
YESSI RIFMASARI,M.Pd
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
STKIP ADZKIA
PADANG
MASALAH DALAM KELAS DAN UPAYA PEMECAHANNYA
A.
Kebijakan Penanganan Masalah Dalam
Kelas
Adapun hasil dari diskusi kelompok daapat saya simpulkan bahwasanya :
1. Melakukan pendekatan terhadap siswa
Yaitu guru dapat
melakukan konseling pada siswa yang mempunyai permasalahan, dengan memanggil
siswa secara Individu
2. Pencarian data tentang masalah
Yaitu setelah guru melihat adanya masalah pada siswa nya guru dapat
mencari sebuah data atau informasi mengenai siswa tersebut, atau bisa saja guru
mengajak orang tua dari anak tersebut untuk bertemu, dan bertanya terkait
masalah siswa.
3. Melakukan konsultasi secara pribadi
Yaitu guru mengajak siswa untuk bertatap muka dan menggali pertanyaan
kepada siswa tentang permasalahan siswa tersebut
B.
Macam-macam Permasalahan Dalam
Manajemen Kelas
1. Masalah Perorangan
Yaitu guru cendrung perhatian degan siswa yang pintar-pintar saja,
sehingga siswa yang mempunyai kemampuan yang biasa saja merasa cemburu atau
merasa terasingkan dalam kelas tersebut. Adapun masalah lainnya yaitu :
a. Pola
aktif konstruktif yaitu pola tingkah laku yang ekstrim, ambisius untuk menjadi
super star di kelasnya dan mempunyai daya usaha untuk membantu guru dengan
penuh vitalitas dan sepenuh hati.
b. Pola
aktif destruktif yaitu pola tingkah laku yang diwujudkan dalam bentuk membuat
banyolan, suka marah, kasar dan memberontak.
c. Pola
pasif konstruktif yaitu pola yang menunjuk kepada satu bentuk tingkah laku yang
lamban dengan maksud supaya selalu dibantu dan mengharapkan perhatian.
d. Pola
pasif destruktif yaitu pola tingkah laku yang menunjuk kemalasan (sifat
pemalas) dan keras kepala.
2. Masalah Kelompok
Yaitu ditemukan siswa yang tidak mau ikut serta dalam mengejarkan tugas
kelompok nya, hal ini menjadikan anggota kelompok yang lain marah atau risih
terhadap siswa yang tidak ikut serta dalam tugas kelompok tersebut, adapun
masalah lainnya yaitu :
a. Kelas
kurang kohesif, karena alasan jenis kelamin, suku, tingkah laku sosioekonomi
dan sebagainya.
b. Kelas
mereaksi negatif terhadap salah seorang anggotanya, misalnya mengejek teman
kelasnya yang menyanyi dengan suara sumbang.
c. Penyimpangan
dari norma-norma tingkah laku yang telah disepakati sebelumnya, misalnya
sengaja berbicara keras-keras di runga baca perpustakaan.
d. Membesarkan
hati anggota kelas yang justru melanggar norma kelompok, misalnya pemberian
semangat kepada badut kelas.
e. Kelompok
cenderung mudah dialihkan perhatiannya dari tugas yang tengah digarap.
f. Semangat
kerja rendah , misalnya semacam aksi protes kepada guru karena menganggap tugas
yang diberikan kurang adil.
g. Kelas
kurang menyesuaikan diri dengan keadaan baru, seperti perubahan jadwal, atau
guru kelas terpaksa diganti sementara oleh guru yang lain
C. Solusi Dalam Mengatasi Permasalahan Manajemen Kelas
1. Mengenal secara tepat berbagai
masalah pengelolaan kelas, baik yang bersifat perorangan maupun bersifat
kelompok
2. Memahami pendekatan-pendekatan yang
cocok dan yang kurang cocok untuk jenis peemasalaahan tertentu
3. Memilih dan menetapkan pendekatan
yang paling tepat untuk pemecahan masalah
4. Mengajak atau mendekatkan siswa yang
ada masaalah
5.
Memberikan semangat serta meyakinkan bahwa masalah nya itu akan dapat
diselesaikan
PRINSIP-PRINSIP DISIPLIN KELAS
1. Pengertian
Disiplin Kelas
Kata
disiplin berasal dari bahasa latin “Disciplina” yang merujuk kepada belajar dan
mengajar. Kata ini berasosiasi sangat dekat dengan istilah “disciple” yang
berarti mengikuti orang belajar di bawa pengawasan seorang impinan.
Disiplin adalah kesadaran untuk
melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan
peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab tanpa paksaan dari
siapapun (AsyMas’udi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Yogyakarta: PT
TigaSerangkai, 2000).
Sedangkan The Liang Gie
(1972) memberikan pengertian disiplin sebagai suatu keadaan tertib di mana
orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi tunduk pada
peraturan-peraturan yang telah ada dengan rasa senang.
Disiplin adalah ketaatan dan
ketepatan pada suatu aturan yang dilakukan secara sadar tanpa adanya dorongan
atau paksaan pihak lain atau suatu keadaan di mana sesuatu itu berada
dalam tertib, teratur dan semestinya serta tiada suatu pelanggaran-pelanggaran
baik secara langsung maupun tidak langsung.
Disiplin kelas adalah keadaan
tertib dalam suatu kelas yang di dalamnya tergabung guru dan siswa taat kepada
tata tertib yang telah ditetapkan (Dirjen PUOD dan Dirjen Diknasmen, 1996: 10).
2. Bentuk-bentuk disiplin
kelas
a. Disiplin Tradisional
Disiplin ini lebih bersifat
menekankan, siswa dituntut harus dalam melakukan sesuatu.
b. Disiplin Modern
c. Disiplin liberal
Disiplin ini siswa lebih dituntu
aktif dalam proses pembelajaran.
3. Macam-macam Bentuk Disiplin Belajar Di Kelas
Yang Hendaknya Dilakukan Oleh Para Siswa Dalam Kegiatan Belajarnya:
1. Displin siswa hadir kesekolah
2. Disiplin siswa mengerjakan tugas
3. Disiplin siswa dalam mengikuti pelajaran
disekolah
4. Disiplin siswa dalam menaati tata tertib di
sekolah
Perilaku-perilaku
1) Disiplin
siswa hadir kesekolah
2) Disiplin
siswa dalam mengerjakan tugas
3) Disiplin
siswa dalam mengikuti pelajaran
4) Disiplin
siswa dalam menaati tata tertib.
DAFTAR PUSTAKA
Ali Imron. 2011. Menajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah.
Jakarta: Bumi Aksara.
Rachman, Maman. 1998. Manajemen Kelas. Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek
Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Kenapa dalam manajemen kelas banyak sekali muncuk suatu permaslahan?
BalasHapusYa, karna dengan adanya manajemen kelas ini, semuanya terkait kedalam apa-apa yg terjadi dalam kelas, semua nya terlihat pada saat proses pembelajaran itu berlangsung, nah dengan manajemen kelas inilah, guru dapat melihat dan mengatur bagaimana cara seorang guru dapat mengkondisikan semua permasalahan yg terjadi pada saat proses pembelajaran tersebut
HapusBagaimana cara guru mengatasi siswa yg suka melanggar disiplin kelas?
BalasHapusAdapun cara guru dalam mengatasi siswa yang suka melanggar disiplin kelas yaitu dengan cara
Hapus1. mendekati siswa
2. Menegur siswa yang melenggar disiplin kelas itu secara individu
3. Memberikan nasehat kepada siswa apa dampak buruk dari tidak menjalankan disiplin kelas
Materinya bagus dan mudah dipahami
BalasHapusTerimakasih kakak, insyaAllah nanti akan lebih ditingkatkan lagi😊
HapusBlognya bagus..
BalasHapusMudah di pahami sangat membantu
Terimakasih kakak
Hapussangat membantu sekali...
BalasHapusTerimakasih kakak
Hapussangat membantu
BalasHapusTerimakasih kakak
HapusSangat bermanfaat materinya🙏😊
BalasHapusTerimakasih kakak
HapusMaterinya bagus sangat bermanfaat👍
BalasHapusthanks
BalasHapusAtikel nya bagus, sangat bermanfaat👍
BalasHapusArtikelnya sangat membantu
BalasHapus