PRINSIP-PRINSIP DISIPLIN KELAS


MANAJEMEN KELAS DI SD
RESUME 7
PRINSIP-PRINSIP DISIPLIN KELAS”



DISUSUN OLEH :
NURFIANI DWI PUTRI
(1620215)
7.6

Dosen Pembimbing :
        YESSI RIFMASARI,M.Pd

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
STKIP ADZKIA
PADANG
MASALAH DALAM KELAS DAN UPAYA PEMECAHANNYA

A.    Kebijakan Penanganan Masalah Dalam Kelas
Adapun hasil dari diskusi kelompok daapat saya simpulkan bahwasanya :

1.      Melakukan pendekatan terhadap siswa
Yaitu guru dapat melakukan konseling pada siswa yang mempunyai permasalahan, dengan memanggil siswa secara Individu
2.      Pencarian data tentang masalah
Yaitu setelah guru melihat adanya masalah pada siswa nya guru dapat mencari sebuah data atau informasi mengenai siswa tersebut, atau bisa saja guru mengajak orang tua dari anak tersebut untuk bertemu, dan bertanya terkait masalah siswa.
3.      Melakukan konsultasi secara pribadi
Yaitu guru mengajak siswa untuk bertatap muka dan menggali pertanyaan kepada siswa tentang permasalahan siswa tersebut

B.     Macam-macam Permasalahan Dalam Manajemen Kelas

1.      Masalah Perorangan
Yaitu guru cendrung perhatian degan siswa yang pintar-pintar saja, sehingga siswa yang mempunyai kemampuan yang biasa saja merasa cemburu atau merasa terasingkan dalam kelas tersebut. Adapun masalah lainnya yaitu :

a.       Pola aktif konstruktif yaitu pola tingkah laku yang ekstrim, ambisius untuk menjadi super star di kelasnya dan mempunyai daya usaha untuk membantu guru dengan penuh vitalitas dan sepenuh hati.
b.      Pola aktif destruktif yaitu pola tingkah laku yang diwujudkan dalam bentuk membuat banyolan, suka marah, kasar dan memberontak.
c.       Pola pasif konstruktif yaitu pola yang menunjuk kepada satu bentuk tingkah laku yang lamban dengan maksud supaya selalu dibantu dan mengharapkan perhatian.
d.      Pola pasif destruktif yaitu pola tingkah laku yang menunjuk kemalasan (sifat pemalas) dan keras kepala.

2.      Masalah Kelompok
Yaitu ditemukan siswa yang tidak mau ikut serta dalam mengejarkan tugas kelompok nya, hal ini menjadikan anggota kelompok yang lain marah atau risih terhadap siswa yang tidak ikut serta dalam tugas kelompok tersebut, adapun masalah lainnya yaitu :
a.       Kelas kurang kohesif, karena alasan jenis kelamin, suku, tingkah laku sosioekonomi dan sebagainya.
b.      Kelas mereaksi negatif terhadap salah seorang anggotanya, misalnya mengejek teman kelasnya yang menyanyi dengan suara sumbang.
c.       Penyimpangan dari norma-norma tingkah laku yang telah disepakati sebelumnya, misalnya sengaja berbicara keras-keras di runga baca perpustakaan.
d.      Membesarkan hati anggota kelas yang justru melanggar norma kelompok, misalnya pemberian semangat kepada badut kelas.
e.       Kelompok cenderung mudah dialihkan perhatiannya dari tugas yang tengah digarap.
f.       Semangat kerja rendah , misalnya semacam aksi protes kepada guru karena menganggap tugas yang diberikan kurang adil.
g.      Kelas kurang menyesuaikan diri dengan keadaan baru, seperti perubahan jadwal, atau guru kelas terpaksa diganti sementara oleh guru yang lain

C.     Solusi Dalam Mengatasi Permasalahan Manajemen Kelas

1.      Mengenal secara tepat berbagai masalah pengelolaan kelas, baik yang bersifat perorangan maupun bersifat kelompok
2.      Memahami pendekatan-pendekatan yang cocok dan yang kurang cocok untuk jenis peemasalaahan tertentu
3.      Memilih dan menetapkan pendekatan yang paling tepat untuk pemecahan masalah
4.      Mengajak atau mendekatkan siswa yang ada masaalah
5.      Memberikan semangat serta meyakinkan bahwa masalah nya itu akan dapat diselesaikan


PRINSIP-PRINSIP DISIPLIN KELAS
1.      Pengertian Disiplin Kelas
            Kata disiplin berasal dari bahasa latin “Disciplina” yang merujuk kepada belajar dan mengajar. Kata ini berasosiasi sangat dekat dengan istilah “disciple” yang berarti mengikuti orang belajar di bawa pengawasan seorang impinan. 
Disiplin adalah kesadaran untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab tanpa paksaan dari siapapun (AsyMas’udi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Yogyakarta: PT TigaSerangkai, 2000).
 Sedangkan The Liang Gie (1972) memberikan pengertian disiplin sebagai suatu keadaan tertib di mana orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi tunduk pada peraturan-peraturan yang telah ada dengan rasa senang.
Disiplin adalah ketaatan dan ketepatan pada suatu aturan yang dilakukan secara sadar tanpa adanya dorongan atau paksaan pihak lain atau suatu keadaan di mana sesuatu itu berada dalam tertib, teratur dan semestinya serta tiada suatu pelanggaran-pelanggaran baik secara langsung maupun tidak langsung.
Disiplin kelas adalah keadaan tertib dalam suatu kelas yang di dalamnya tergabung guru dan siswa taat kepada tata tertib yang telah ditetapkan (Dirjen PUOD dan Dirjen Diknasmen, 1996: 10).

2.   Bentuk-bentuk disiplin kelas
a.  Disiplin Tradisional
Disiplin ini lebih bersifat menekankan, siswa dituntut harus dalam melakukan sesuatu.
b.  Disiplin Modern
c.  Disiplin liberal
Disiplin ini siswa lebih dituntu aktif dalam proses pembelajaran.
3. Macam-macam Bentuk Disiplin Belajar Di Kelas Yang Hendaknya Dilakukan Oleh Para Siswa Dalam Kegiatan Belajarnya:
1.      Displin siswa hadir kesekolah
2.      Disiplin siswa mengerjakan tugas
3.      Disiplin siswa dalam mengikuti pelajaran disekolah
4.      Disiplin siswa dalam menaati tata tertib di sekolah
Perilaku-perilaku
1)      Disiplin siswa hadir kesekolah
2)      Disiplin siswa dalam mengerjakan tugas
3)      Disiplin siswa dalam mengikuti pelajaran
4)      Disiplin siswa dalam menaati tata tertib.

DAFTAR PUSTAKA
Ali Imron. 2011. Menajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Rachman, Maman. 1998. Manajemen Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.


Komentar

  1. Kenapa dalam manajemen kelas banyak sekali muncuk suatu permaslahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, karna dengan adanya manajemen kelas ini, semuanya terkait kedalam apa-apa yg terjadi dalam kelas, semua nya terlihat pada saat proses pembelajaran itu berlangsung, nah dengan manajemen kelas inilah, guru dapat melihat dan mengatur bagaimana cara seorang guru dapat mengkondisikan semua permasalahan yg terjadi pada saat proses pembelajaran tersebut

      Hapus
  2. Bagaimana cara guru mengatasi siswa yg suka melanggar disiplin kelas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adapun cara guru dalam mengatasi siswa yang suka melanggar disiplin kelas yaitu dengan cara
      1. mendekati siswa
      2. Menegur siswa yang melenggar disiplin kelas itu secara individu
      3. Memberikan nasehat kepada siswa apa dampak buruk dari tidak menjalankan disiplin kelas

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terimakasih kakak, insyaAllah nanti akan lebih ditingkatkan lagi😊

      Hapus
  4. Blognya bagus..
    Mudah di pahami sangat membantu

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat materinya🙏😊

    BalasHapus
  6. Materinya bagus sangat bermanfaat👍

    BalasHapus
  7. Atikel nya bagus, sangat bermanfaat👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakekat Manajemen Pembelajaran

SUMBER PELANGGARAN DISIPLIN KELAS

Prinsip Belajar, Mengajar dan Keterampilan Dalam Mengajar