MANAJEMEN
KELAS DI SD
RESUME
5
“MASALAH DALAM KELAS DAN UPAYA PEMECAHAN NYA”
DISUSUN OLEH :
NURFIANI
DWI PUTRI
(1620215)
7.6
Dosen Pembimbing :
YESSI RIFMASARI,M.Pd
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
STKIP ADZKIA
PADANG
MASALAH DALAM KELAS DAN UPAYA PEMECAHANNYA
A.
Kebijakan Penanganan Masalah Dalam
Kelas
Adapun hasil dari diskusi kelompok daapat saya simpulkan bahwasanya :
1. Melakukan pendekatan terhadap siswa
Yaitu guru dapat
melakukan konseling pada siswa yang mempunyai permasalahan, dengan memanggil
siswa secara Individu
2. Pencarian data tentang masalah
Yaitu setelah guru melihat adanya masalah pada siswa nya guru dapat
mencari sebuah data atau informasi mengenai siswa tersebut, atau bisa saja guru
mengajak orang tua dari anak tersebut untuk bertemu, dan bertanya terkait
masalah siswa.
3. Melakukan konsultasi secara pribadi
Yaitu guru mengajak siswa untuk bertatap muka dan menggali pertanyaan
kepada siswa tentang permasalahan siswa tersebut
B.
Macam-macam Permasalahan Dalam
Manajemen Kelas
1. Masalah Perorangan
Yaitu guru cendrung perhatian degan siswa yang pintar-pintar saja,
sehingga siswa yang mempunyai kemampuan yang biasa saja merasa cemburu atau
merasa terasingkan dalam kelas tersebut. Adapun masalah lainnya yaitu :
a. Pola
aktif konstruktif yaitu pola tingkah laku yang ekstrim, ambisius untuk menjadi
super star di kelasnya dan mempunyai daya usaha untuk membantu guru dengan
penuh vitalitas dan sepenuh hati.
b. Pola
aktif destruktif yaitu pola tingkah laku yang diwujudkan dalam bentuk membuat
banyolan, suka marah, kasar dan memberontak.
c. Pola
pasif konstruktif yaitu pola yang menunjuk kepada satu bentuk tingkah laku yang
lamban dengan maksud supaya selalu dibantu dan mengharapkan perhatian.
d. Pola
pasif destruktif yaitu pola tingkah laku yang menunjuk kemalasan (sifat
pemalas) dan keras kepala.
2. Masalah Kelompok
Yaitu ditemukan siswa yang tidak mau ikut serta dalam mengejarkan tugas
kelompok nya, hal ini menjadikan anggota kelompok yang lain marah atau risih
terhadap siswa yang tidak ikut serta dalam tugas kelompok tersebut, adapun
masalah lainnya yaitu :
a. Kelas
kurang kohesif, karena alasan jenis kelamin, suku, tingkah laku sosioekonomi
dan sebagainya.
b. Kelas
mereaksi negatif terhadap salah seorang anggotanya, misalnya mengejek teman
kelasnya yang menyanyi dengan suara sumbang.
c. Penyimpangan
dari norma-norma tingkah laku yang telah disepakati sebelumnya, misalnya
sengaja berbicara keras-keras di runga baca perpustakaan.
d. Membesarkan
hati anggota kelas yang justru melanggar norma kelompok, misalnya pemberian
semangat kepada badut kelas.
e. Kelompok
cenderung mudah dialihkan perhatiannya dari tugas yang tengah digarap.
f. Semangat
kerja rendah , misalnya semacam aksi protes kepada guru karena menganggap tugas
yang diberikan kurang adil.
g. Kelas
kurang menyesuaikan diri dengan keadaan baru, seperti perubahan jadwal, atau
guru kelas terpaksa diganti sementara oleh guru yang lain
C. Solusi Dalam Mengatasi Permasalahan Manajemen Kelas
1. Mengenal secara tepat berbagai
masalah pengelolaan kelas, baik yang bersifat perorangan maupun bersifat
kelompok
2. Memahami pendekatan-pendekatan yang
cocok dan yang kurang cocok untuk jenis peemasalaahan tertentu
3. Memilih dan menetapkan pendekatan
yang paling tepat untuk pemecahan masalah
4. Mengajak atau mendekatkan siswa yang
ada masaalah
5.
Memberikan semangat serta meyakinkan bahwa masalah nya itu akan dapat
diselesaikan

Bagaimana jika solusi di atas belum juga teratasi masalah manajemen kelas?
BalasHapusBaiklah, jawaban saya apabila solusi diatad belum dapat mengatask permasalahan, mungkin kita sebagai seorang guru melakukan tindak lanjut terhadap permasalah yg dihadapi siswa tersebut, kita adakan konseling terhadap anak, dan juga kita mencari informasi terhadap teman dekat anak dan juga lingkungan serta keluarga anak, untuk dapat mengetahui inti dari permasalahan anak tersebut
HapusBagaimana cara melakukan konsultasi secara pribadi kepada siswa?
BalasHapusBaiklah, adapun cara melakukan konsultasi kepada siswa, dengan cara mendekati siswa yg bersangkutan terlebih dahulu, lalu dengan mendekati siswa, mislanya kita mengajak siswa untuk menemui guru setelah jam pulang sekolah, atau dalam jam istirahat kita memanggil anak, dan bisa mengajak anak berbicara terlebih dahulu, apabila anak sudah rileks barulah guru dapat bertanya langsung kepada siswa yg tekait permasalahan tersebut
BalasHapusSangat membantu sekali dalam mempelajari materi ini
BalasHapusTerimakasih
HapusPoin pertama menjelaskan tentang masalah kelas, pertanyaannya bagaimana ada salah satu dari murid ananda sulit untuk bisa cepat mngerti dari sekian bnyak murid apa ananda lakukan, sekian terima kasih...
BalasHapusBaik saya akan menjawab, kita sebagai seorang guru tentunya mengerti akan kemampuan tiap-tiap siswa kita, adapun siswa yang sulit mengerti terlebih dahulu kita lihat siswa sulit mengerti dibagian yang seperti apa, nah tugas guru memberikan pelajaran dengan bervariasi agar pembelajaran menarik agar anak dapat tertatrik dan mengerti dengan pembelajaran guru nya
Hapussangat membantu
BalasHapusSangat bermanfaat materinya buat saya kak..👍😊
BalasHapusBagus sangat bermanfaat materinya👍
BalasHapusmaterinya sangat di mengerti dan dipahami dengan jelas,lebih bermanfaat lagi jika di terapkan.
BalasHapusmaterinya mantep
BalasHapusAtikel nya bagus, sangat bermanfaat👍
BalasHapusArtikelnya sangat membantu
BalasHapus