MANAJEMEN KELAS DI SD
RESUME 5
MASALAH DALAM KELAS DAN UPAYA PEMECAHAN NYA”


DISUSUN OLEH :
NURFIANI DWI PUTRI
(1620215)
7.6

Dosen Pembimbing :
        YESSI RIFMASARI,M.Pd

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
STKIP ADZKIA
PADANG
MASALAH DALAM KELAS DAN UPAYA PEMECAHANNYA

A.    Kebijakan Penanganan Masalah Dalam Kelas
Adapun hasil dari diskusi kelompok daapat saya simpulkan bahwasanya :

1.      Melakukan pendekatan terhadap siswa
Yaitu guru dapat melakukan konseling pada siswa yang mempunyai permasalahan, dengan memanggil siswa secara Individu
2.      Pencarian data tentang masalah
Yaitu setelah guru melihat adanya masalah pada siswa nya guru dapat mencari sebuah data atau informasi mengenai siswa tersebut, atau bisa saja guru mengajak orang tua dari anak tersebut untuk bertemu, dan bertanya terkait masalah siswa.
3.      Melakukan konsultasi secara pribadi
Yaitu guru mengajak siswa untuk bertatap muka dan menggali pertanyaan kepada siswa tentang permasalahan siswa tersebut

B.     Macam-macam Permasalahan Dalam Manajemen Kelas

1.      Masalah Perorangan
Yaitu guru cendrung perhatian degan siswa yang pintar-pintar saja, sehingga siswa yang mempunyai kemampuan yang biasa saja merasa cemburu atau merasa terasingkan dalam kelas tersebut. Adapun masalah lainnya yaitu :

a.  Pola aktif konstruktif yaitu pola tingkah laku yang ekstrim, ambisius untuk menjadi super star di kelasnya dan mempunyai daya usaha untuk membantu guru dengan penuh vitalitas dan sepenuh hati.
b.  Pola aktif destruktif yaitu pola tingkah laku yang diwujudkan dalam bentuk membuat banyolan, suka marah, kasar dan memberontak.
c.  Pola pasif konstruktif yaitu pola yang menunjuk kepada satu bentuk tingkah laku yang lamban dengan maksud supaya selalu dibantu dan mengharapkan perhatian.
d.  Pola pasif destruktif yaitu pola tingkah laku yang menunjuk kemalasan (sifat pemalas) dan keras kepala.

2.      Masalah Kelompok
Yaitu ditemukan siswa yang tidak mau ikut serta dalam mengejarkan tugas kelompok nya, hal ini menjadikan anggota kelompok yang lain marah atau risih terhadap siswa yang tidak ikut serta dalam tugas kelompok tersebut, adapun masalah lainnya yaitu :
a.   Kelas kurang kohesif, karena alasan jenis kelamin, suku, tingkah laku sosioekonomi dan sebagainya.
b.   Kelas mereaksi negatif terhadap salah seorang anggotanya, misalnya mengejek teman kelasnya yang menyanyi dengan suara sumbang.
c.  Penyimpangan dari norma-norma tingkah laku yang telah disepakati sebelumnya, misalnya sengaja berbicara keras-keras di runga baca perpustakaan.
d.  Membesarkan hati anggota kelas yang justru melanggar norma kelompok, misalnya pemberian semangat kepada badut kelas.
e.   Kelompok cenderung mudah dialihkan perhatiannya dari tugas yang tengah digarap.
f. Semangat kerja rendah , misalnya semacam aksi protes kepada guru karena menganggap tugas yang diberikan kurang adil.
g.      Kelas kurang menyesuaikan diri dengan keadaan baru, seperti perubahan jadwal, atau guru kelas terpaksa diganti sementara oleh guru yang lain

C.     Solusi Dalam Mengatasi Permasalahan Manajemen Kelas

1.      Mengenal secara tepat berbagai masalah pengelolaan kelas, baik yang bersifat perorangan maupun bersifat kelompok
2.  Memahami pendekatan-pendekatan yang cocok dan yang kurang cocok untuk jenis peemasalaahan tertentu
3.      Memilih dan menetapkan pendekatan yang paling tepat untuk pemecahan masalah
4.      Mengajak atau mendekatkan siswa yang ada masaalah
5.      Memberikan semangat serta meyakinkan bahwa masalah nya itu akan dapat diselesaikan



Komentar

  1. Bagaimana jika solusi di atas belum juga teratasi masalah manajemen kelas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah, jawaban saya apabila solusi diatad belum dapat mengatask permasalahan, mungkin kita sebagai seorang guru melakukan tindak lanjut terhadap permasalah yg dihadapi siswa tersebut, kita adakan konseling terhadap anak, dan juga kita mencari informasi terhadap teman dekat anak dan juga lingkungan serta keluarga anak, untuk dapat mengetahui inti dari permasalahan anak tersebut

      Hapus
  2. Bagaimana cara melakukan konsultasi secara pribadi kepada siswa?

    BalasHapus
  3. Baiklah, adapun cara melakukan konsultasi kepada siswa, dengan cara mendekati siswa yg bersangkutan terlebih dahulu, lalu dengan mendekati siswa, mislanya kita mengajak siswa untuk menemui guru setelah jam pulang sekolah, atau dalam jam istirahat kita memanggil anak, dan bisa mengajak anak berbicara terlebih dahulu, apabila anak sudah rileks barulah guru dapat bertanya langsung kepada siswa yg tekait permasalahan tersebut

    BalasHapus
  4. Sangat membantu sekali dalam mempelajari materi ini

    BalasHapus
  5. Poin pertama menjelaskan tentang masalah kelas, pertanyaannya bagaimana ada salah satu dari murid ananda sulit untuk bisa cepat mngerti dari sekian bnyak murid apa ananda lakukan, sekian terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik saya akan menjawab, kita sebagai seorang guru tentunya mengerti akan kemampuan tiap-tiap siswa kita, adapun siswa yang sulit mengerti terlebih dahulu kita lihat siswa sulit mengerti dibagian yang seperti apa, nah tugas guru memberikan pelajaran dengan bervariasi agar pembelajaran menarik agar anak dapat tertatrik dan mengerti dengan pembelajaran guru nya

      Hapus
  6. Sangat bermanfaat materinya buat saya kak..👍😊

    BalasHapus
  7. Bagus sangat bermanfaat materinya👍

    BalasHapus
  8. materinya sangat di mengerti dan dipahami dengan jelas,lebih bermanfaat lagi jika di terapkan.

    BalasHapus
  9. Atikel nya bagus, sangat bermanfaat👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakekat Manajemen Pembelajaran

SUMBER PELANGGARAN DISIPLIN KELAS

Prinsip Belajar, Mengajar dan Keterampilan Dalam Mengajar