SUMBER PELANGGARAN DISIPLIN KELAS
MANAJEMEN
KELAS DI SD
RESUME 8
“SUMBER PELANGGARAN DISIPLIN KELAS”
DISUSUN OLEH :
NURFIANI
DWI PUTRI
(1620215)
7.6
Dosen Pembimbing :
YESSI RIFMASARI,M.Pd
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
STKIP ADZKIA
PADANG
Prinsip-Prinsip Disiplin Kelas
1. Sumber
Pelanggaran Disiplin Kelas
a. Guru
Contoh:
1. Guru memakai pakaian kusut dan tidak rapi
2. Guru datang terlambat dan terkunci diluar pagar
3. Seorang guru jika guru salah maka siswa tidak
bisa menegurnya
b. Siswa
Contoh:
Siswa yang melanggar aturan di
dalam kelas maupun di lingkungan sekolah
c. Lingkungan
1. Berasal dari lingkungan keluarga
Maksudnya
yaitu, banyak data bahwa siswa mempunyai kebiasaan buruk karna contoh dari
kehidupan sehari-hari siswa didalam rumahnya
2. Sekolah
3. Dan masyarakat.
2. Peraturan dan tata tertib kelas
a. Masuk Sekolah
1) Murid harus datang ke
sekolah 10 menit sebelum pelajaran dimulai
2) Menaruh tas dan
perlengkapan lainnya di laci meja masing-masing kemudian keluar kelas
3) Murid yang mendapat
giliran jaga piket harus datang lebih awal
4) Murid yang sering
terlambat harus diberi hukuman yang bersifat edukatif
5) Murid yang tidak
masuk keas harus mengirim surat kepada guru dan murid yang tidak hadir tanpa
pember tahuan harus ditegur
6) Kehadiran guru di
sekolah/kelas harus mendahului murid, sehingga menyambut kedatangan
murid-murinya.
b. Masuk Kelas
1) Murid segera berbaris di
depan kelas ketika bel berbunyi
2) Ketua kelas menyiapkan
barisan
3) Murid masuk kelas
dengan tertib dan duduk di bangku masing-masing
4) Guru memeriksa
kerapihan, kebersihan dan kesehatan murid satu persatu yaitu: kebersihan kuku,
kerpian rambut, kerapian baju dan sepatu
c. Dalam Kelas
1) Berdoa bersama
dipipin leh salah satu murid
2) Memberi salam
pada guru dan pelajaran dimulai
3) Guru mengabsen
muridnya untuk mengetahui murid yang tidak hadir dan
penyebab ketidak hadirannya
4) Guru memberi
motivasi, nasehat, tugas pekerjaan rumah dan sebagainya
5) Murid keluar
kelas dengan tertib, ketika istirahat atau pada waktu pulang
Masalah disiplin
adalah merupakan indikasi penyimpangan perilaku dikalangan murid-murid
misalnya: malas ke sekolah, membuat keributan, suka berkelahi, dikatakan
sebagai perilaku yang menyimpang karena terjadi pelanggaran nilai, norma dan
ketentuan yang berlaku, baik yang ditetapkan oleh sekolah maupu yang ditetapkan
oleh guru sendiri.
d. Waktu Istirahat
e. Waktu Pulang
DAFTAR PUSTAKA
Ali Imron. 2011. Menajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah.
Jakarta: Bumi Aksara.
Rachman, Maman. 1998. Manajemen Kelas. Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek
Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Postingan nya cukup bagus, dan sangat bermanfaat 😊
BalasHapusBagaimana cara mengatasi sumber dari oermasalah kelas tersebut?
BalasHapusSeorang peserta didik perlu yang namanya perhatian khusus, jadi didalam kelas jika ada permasalahan seperti ini cari orang yang paling pemicu munculnya masalah tersebut, bicara dari hati ke hati, lalu berikan ketegasan dan efek jera atau pun akibat dari yang dia perbuat, dan punishment tersebut kalo bisa tidak mengandung unsur yang membuat mereka malu, karena hakikatnya anak itu hanya perlu pemahaman bukan kekerasan, itu menurut saya ☺️
HapusSangat bermanfaat sekali👍👍
BalasHapusTerimakasih kakak
HapusMantap
BalasHapusSangat membantu
BalasHapusTerimakasih👍👍
HapusBagus, sangat bermanfaat
BalasHapusAlhamdulilalh, terimakasih kakak
HapusSemangaat💪
BalasHapusInsyaAllah selalu bersemangat😊
Hapusbagus kak
BalasHapusTerimakasih kakak
HapusBlognya Sangat membantu
BalasHapusAlhamdulillah, terimakasih kakak
Hapussangat membantu
BalasHapusTerimakasih kak
HapusMateri bagus sekali, makasih kak
BalasHapusMakasih kakak
HapusMaterinya bagus, sangat bermanfaat
BalasHapusMakasih kakak
Hapusbagus👍
BalasHapusbagus sekali
BalasHapusTerimakasih kakak
HapusArtikelnya sangat membantu
BalasHapusterimakasih
BalasHapusterimamasih
BalasHapus